free page hit counter

Gelar DKT dan Lomba Menulis, Rangkaian Kegiatan GMP Duta Damai Sulut

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, Duta Damai Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT), bertempat di JLE’S Hotel Manado, Jumat (9/6/2023).

Diskusi yang menghadirkan sejumlah sekolah dan perguruan tinggi ini mengangkat tema Generasi Z dan Pancasila: Menggali Identitas dan Kontribusi Dalam Era Digital.

Di samping melaksanakan diskusi, Duta Damai juga menggelar lomba menulis artikel bebas yang berkolaborasi bersama Ikatan Wartawan Online (IWO) Sulawesi Utara.

Sekretaris Duta Damai Sulawesi Utara, Jovan Brando menyebutkan, bahwa baik lomba menulis dan DKT adalah rangkaian kegiatan dari Generasi Melek Pancasila (GMP).

“Ini merupakan program tahunan Duta Damai Sulawesi Utara, dimana sudah dilaksanakan sebelumnya di tahun 2021 kemudian dibuat kembali oleh kepengurusan yang baru di tahun 2023,” kata Jovan.

Jovan berujar, penyelenggaraan tahun ini mengambil tagar Bangga Dengan Pancasila yang gencar digaungkan di seluruh platform media sosial Duta Damai Sulawesi Utara.

“Kiranya lewat kegiatan ini bisa memantik semangat anak-anak muda di Sulawesi Utara agar semangat Nasionalisme tidak pudar melainkan semakin membara,” ungkapnya.

Ketua panitia pelaksana, Jeremia Lambonan berharap melalui DKT ini Generasi Z dapat memahami betul apa itu Pancasila dan dapat menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat.

“Saya melihat teman-teman begitu antusias dengan pelaksanaan acara ini, para peserta juga tertarik dengan apa yang disampaikan pemateri. Hal ini dibuktikan saat sesi tanya jawab mereka sangat antusias untuk bertanya kepada pemateri,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua IWO Sulut Jeane Rondonuwu berkata, lomba menulis yang dilaksanakan Duta Damai adalah langkah tepat untuk semakin menumbuhkan rasa cinta dan bangga akan Pancasila.

“Meski dalam waktu yang sangat singkat lomba ini berhasil dilaksanakan. Dari puluhan karya yang masuk, terlihat bahwa para anak muda sangat antusias dan menyambut baik akan hal ini,” ucap Jeane.

“Berharap ke depan akan semakin banyak anak muda yang mengikuti ajang seperti ini, dan semoga rasa cinta akan Pancasila dan tanah air Indonesia tetap terpelihara,” tandasnya.

Pewarta: Maher Kambey

Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *