free page hit counter

Beri Wejangan Soal Wawasan Kebangsaan, Ketua DPRD Sulut Bahas Empat Konsensus Dasar Bangsa

Pewarta: Maher Kambey

Editor : Ian Langkai

MINAHASA (DUTA DAMAI SULUT) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara, dr. Fransiscus Andi Silangen, SPB-KBD jadi pembicara dalam Kuliah bersama yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Manado (Unima). Dengan materi bahasan “Wawasan Kebangsaan Berdasarkan 4 Konsensus Dasar Bangsa”, Kegiatan ini bertempat di ruang rapat kantor pusat Unima lantai tiga, Selasa (29/11/2022). 

Seluruh mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Unima hadir menjadi peserta yang diharapkan memahami wawasan kebangsaan lebih dalam lagi.

Silangen menyebutkan, Wawasan Kebangsaan Berdasarkan Nilai 4 Konsensus Dasar Bangsa yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI adalah elemen penting bangsa dan tidak bisa diabaikan.

“Dalam proses berbangsa dan bernegara, empat komponen tersebut harus terus disosialisasikan di semua sektor dan institusi. Apalagi institusi pendidikan supaya para generasi penerus bisa paham apa itu wawasan kebangsaan,” Ungkapnya ketika diwawancarai usai kegiatan.

Menurutnya, dengan adanya 4 Konsensus Dasar Bangsa, Indonesia bisa tangguh dan mampu bertahan sampai sekarang meski dengan semua keberagaman, karenanya sudah semestinya hal ini diterapkan dengan sangat baik oleh masyarakat Provinsi Sulut apalagi di kalangan mahasiswa.

“Harus diimplementasikan mahasiswa ke depan sebagai generasi penerus dan tetap memupuk nilai kebersamaan,” Tukasnya.

Sementara pihak Unima sebagai penyelenggara, Rektor UnimaProf. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd., yang diwakili WR II Prof. Dr. Sanusi Gugule, M.Si , dalam arahannya menyebutkan bahwa ini merupakan salah satu dari rangkaian program Kemendikbudristek.

“Sekarang adalah kesempatan untuk adik-adik menerima materi yang sangat baik. Unima juga memberikan apresiasi kepada Ketua DPRD Sulut, bapak Andi Silangen atas kehadiran saat ini guna memberikan kuliah,” ujar Sanusi. (Mhr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *