free page hit counter

Hari Lupus Sedunia

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Hai Sobat Damai, udah tahu belum kalau setiap tanggal 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia?

Hari Lupus Sedunia adalah usaha untuk mengambil langkah-langkah mengedukasi masyarakat agar dapat terhindar dari penyakit ini.

Di samping itu, peringatan ini pula menjadi pengingat akan pentingnya menyadari berbagai gejala atau indikasi penyakit lupus.

Lupus sendiri adalah penyakit inflamasi kronis yang disebabkan oleh sistem imun tubuh yang bekerja dengan keliru.

Sistem imun pada pengidap penyakit lupus menyerang jaringan dan organ tubuh sendiri, sistem imun tubuh yang normal seharusnya mampu melindungi tubuh dari serangan infeksi virus dan bakteri.

Pada umumnya penyebab penyakit ini meliputi faktor genetik, paparan sinar matahari, hormon stres infeksi, dan obesitas.

Penderita penyakit lupus akan merasakan peradangan yang dapat mempengaruhi organ dalam tubuh seperti ginjal, otak, sistem saraf pusat, jantung, paru-paru dan darah.

Hal inilah yang membuat lupus dapat dikatakan sebagai penyakit berbahaya dan bisa membawa dampak kematian bagi penderitanya.

Gejala dari lupus seperti mata kering, rambut rontok, nyeri sendi, nyeri otot, demam, luka mulut, ruam dan sensitif terhadap sinar matahari.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah penyakit yang dengan nama lengkapnya Lupus Eritematosus Sistemik (LES) yaitu

1. Menghindari stres berlebihan

2. Rutin berolahraga

3. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

4. Istirahat yang cukup

5. Mampu memahami kondisi tubuh

6. Menghindari paparan sinar matahari di siang hari

7. Menerapkan pola hidup sehat.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit Lupus ini. Setiap penyakit pasti selalu akan ada obatnya.

Selamat hari Lupus sedunia, mari tingkatkan kesadaran dan kepedulian kita untuk pejuang lupus dan keluarganya.

Penulis: Marselina Senaen

Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *