free page hit counter

Sayangi Bumi, Mulailah dari Hal Kecil

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Halo sobat Damai, tahukah kalian kalau selama ini ada yang namanya Hari Bumi?

Yup, Hari Bumi diperingati tanggal 22 April setiap tahunnya. Hari Bumi bermula dari isu lingkungan yang terjadi di Amerika Serikat sekitar 1960-an sampai 1970-an.

Awal peristiwanya ketika pabrik-pabrik di Amerika Serikat menghasilkan asap dan lumpur yang tak terkontrol sehingga masyarakat disekitar menghirup gas bertimbal dalam jumlah yang besar dan polusi udara di mana-mana.

Akhirnya, Rachel Carson menerbitkan buku berjudul Silent Spring (1962) yang membahas masalah lingkungan.

Berangkat dari isu inilah Gaylord Nelson dari Wisconsin seorang senator Amerika Serikat yang juga pengajar lingkungan hidup menggagas Hari Bumi atau Earth Day pada 22 April 1970 di Amerika Serikat.

Hari Bumi atau Earth day adalah perayaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi sebagai planet tempat tinggal kita.

Berbicara mengenai kesadaran dan apresiasi terhadap Bumi, sudahkah sobat damai berpartisipasi didalamnya? Atau mungkin sobat damai masih bingung bagaimana turut andil dalam hal ini?

Berikut tips buat sobat damai agar turut serta menjaga bumi sebagai rumah tempat tinggal kita:

1. Menghemat Pemakaian Listrik

Langkah kecil tapi dampaknya besar adalah dengan menghemat pemakain listrik. Sobat damai bisa mematikan lampu disiang hari, kalau keluar rumah juga bisa mematikan listrik, saat tidur juga jangan lupa matikan lampu karena dengan menghemat listrik sobat damai sudah turut serta menjaga kelestarian alam.

2. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Sampah masih menjadi isu yang sangat hangat ditengah masyarakat, mungkin sobat damai sering melihat orang-orang membuang sampah di sungai maupun selokan air kemudian mengakibatkan air sungai yang tercemar dan selokan yang tersumbat sehingga bisa menimbulkan banjir.

Tingkat kesadaran akan dampak buruk inilah harus ada di dalam diri kita agar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

3. Mengurangi Penggunaan Plastik

Kita tahu bersama dibutuhkan ratusan bahkan ribuan tahun agar sampah plastik dapat terurai. Bayangkan jika banyak sampah plastik yang menumpuk dibumi akan sangat mencemari bumi bukan?

Untuk itu mulailah dari diri kita sendiri untuk mengurangi penggunaan plastik atau bahkkan menggantinya dengan alternatif lain. Contohnya ketika berbelanja dimanapun selalu membawa tas belanja, tidak memakai sedotan plastik saat minum.

4. Menanam Pohon

Sobat damai bisa juga turut berpartisipasi dalam penanaman pohon, banyak sekali kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh berbagai kalangan dan organiasi, sobat damai bisa ikut berpartisipasi didalamnya dengan mencari tahu informasi terkait kegiatan ini melalui kerabat atau juga bisa langsung di media sosial.

5. Menggunakan Produk Daur Ulang

Alternatif lain untuk turut andil dalam merawat Bumi adalah dengan menggunakan produk daur ulang. Misalnya saat kita berbelanja sepatu terus dapat kardusnya, kardus tersebut bisa kita jadikan tempat penyimpanan atau bisa juga membeli produk-produk daur ulang yang ada di seputaran tempat tinggal sobat damai.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat damai lakukan dalam rangka menjaga dan merawat Bumi sebagai tempat tinggal kita yang tentunya bukan hanya pada saat hari Bumi saja tapi diharapkan dapat dipraktekkkan terus-menerus agar tercipta bumi yang aman,nyaman, dan sehat.

Penulis: Bryan Yoshua Korua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *