TIDAK BIASA, BERIKUT REKOMENDASI MENU KHAS MANADO SAAT BERBUKA PUASA

Bryan Korua

Halo sobat damai, pada bulan Ramadhan umat Muslim di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia tentunya melaksanakan ibadah puasa. Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap umat muslim memiliki menu identik ketika berbuka tiba. Nah, momen ini yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat muslim saat menjalankan ibadah puasa apalagi menanti hidangan yang akan dinikmati ketika berbuka.

Di Indonesia biasanya menu berbuka identik dengan yang segar, manis, dan gurih seperti es buah, puding, buah-buahan, berbagai jenis kue, sup, hingga makanan berat seperti opor ayam, coto dan sejenisnya.

Artikel kali ini akan merekomendasikan menu berbuka khas Manado yang tidak kalah enaknya dan tentunya sangat cocok menjadi teman saat berbuka puasa. Berikut rekomendasinya untuk sobat damai:

  • Klappertaart

Hidangan khas Manado yang satu ini terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur. Rasa klappertaart yang manis gurih dan tentunya enak bisa menjadi pilihan menu sobat damai untuk berbuka puasa

  • Es Kacang Brenebon

Menu yang satu ini bisa dijadikan menu pembuka saat berbuka puasa karena rasanya yang segar. Es kacang brenebon terbuat dari es serut, kacang brenebon (kacang merah), durian, alpukat lalu diguyur dengan kental manis. Selain segar, rasanya yang manis sangat cocok untuk mengembalikan energi sobat damai yang terkuras saat berpuasa.

  • Kue Khas Manado

Biasanya kue khas ketika berbuka adalah lampu-lampu, klepon, dsb. Kali ini tak ada salahnya jika sobat damai mencoba kue khas manado seperti Cucur yang terbuat dari olahan tepung beras, Lalampa dari beras ketan dengan ikan cakalang, Panada atau roti goreng dengan isi cakalang. Tentunya semua kuenya pasti enak-enak.

  • Abon Cakalang atau Cakalang Rabe

Beralih ke makanan berat, menu abon cakalang atau cakalang rabe bisa menjadi pilihan. Hidangan dari ikan cakalang yang diasap lalu disuwir ini diolah dengan cara ditumis dan dibumbui dengan rempah-rempah pedas. Hidangan yang satu ini cocok dihidangkan dengan nasi yang masih hangat

  • Sup Brenebon Sapi

Hidangan yang berkuah pun tak boleh ketinggalan, Sup brenebon sapi yang terbuat dari olahan kacang merah dan sapi direbus bersamaan dengan kaldu, berbagai aneka rempah seperti pala, cengkeh, dan daun bawang. Kuahnya yang kental dan lezat sangat cocok menjadi pilihan menu untuk berbuka puasa.

Itulah beberapa rekomendasi menu berbuka puasa khas Manado, yang dapat menjadi referensi untuk sobat damai dalam mencari hidangan berbuka puasa. Tidak lupa juga yang terpenting dari semua hidangan adalah mengkonsumsi air putih yah sobat damai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *