free page hit counter

TIPS AND TRICKS BAGI PEMILIH PEMULA 

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Hallo Sobat damai tidak lama lagi kita akan melaksanakan pemilihan umum atau pesta demokrasi pada tangga 14 Februari 2024. Tentunya bagi kamu yang belum pernah memilih dalam pemilihan umum yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia pasti bingung. Berikut ini tips dan trik yang bisa membantu kalian agar tidak bingung pada pemilihan umum kali ini :

  • Pastikan kamu terdaftar sebagai pemilih.

Hal ini adalah yang paling penting walaupun kita sudah berumur 17 tahun dan memenuhi persyaratan sebagai pemilih, kita harus memastikan kembali bahwa kita sudah terdaftar sebagai pemilih tetap. Kalian bisa melihat nama kalian apakah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) di website resmi kpu: https://cekdptonline.kpu.go.id/. Ketika kalian ingin mengecek nama kalian pada website tersebut, kalian harus memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) kalian. Setelah itu website tersebut akan menampilkan apakah kalian sudah terdaftar atau belum. Tidak hanya itu, jika kalian sudah terdaftar maka website tersebut juga menampilkan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) berapa kalian memilih beserta alamat potensial TPS tersebut. Mudah bukan!

  • Cari tau apa saja yang harus dipilih dalam pemilihan kali ini.

Dalam pemilihan kali ini kita tidak hanya memilih presiden dan wakil presiden akan tetapi kita juga memilih lembaga legislatif seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat I atau DPRD Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat II atau DPRD Kabupaten serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Jadi total ada 5 kertas suara yang kita akan dapatkan pada saat pemilihan. Penting juga bagi kita untuk mengetahui setiap warna pada kertas suara sehingga itu memudahkan bagi kita untuk memilih nantinya.

  • Cari tau background dari para calon.

Di era gempuran media sosial kita sebenarnya dapat melihat profil para calon tapi terkadang kalau kita tidak dengan bijak melihat hal tersebut maka ada beberapa hoax yang dimunculkan di media sosial. Media sosial juga terbatas dalam menampilkan profil calon karena tidak semua calon memperkenalkan dirinya lewat sosial media. Sebagai pemilih penting bagi kita untuk melihat background, rekam jejak serta prestasi dari calon-calon yang kita akan pilih. Ada beberapa website yang nantinya akan membantu kita untuk bisa melihat hal tersebut seperti infopemilu.kpu.go.idrekamjejak.net dan jariungu.com.

Berikut itu hal-hal yang harus diperhatikan oleh pemilih pemula sebelum memilih. Sebagai warga negara merupakan suatu kewajiban bagi kita untuk memberikan hak suara kita pada pemilihan, karena ini akan menentukan nasib bangsa kita. Sobat damai, mari kita ramaikan pemilihan ini karena suara kita sangat berharga menentukan Indonesia 5 tahun kedepan. Ketika kita memilih kita menunjukan rasa cinta dan peduli kita terhadap bangsa Indonesia di hari kasih sayang tanggal 14 februari 2024.

Penulis : Johanes Paulus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *