free page hit counter

HPN 2024 dan Kontribusi Pers Ciptakan Pemilu Damai

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Insan pers Indonesia bakal memperingati Hari Pers Nasional (HPN) sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Melansir situs resmi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), HPN 2024 mengangkat tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa.

Tema ini diambil bukan tanpa alasan, mengingat Indonesia akan menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) terbesar sepanjang sejarah negara ini berdiri.

Melalui tema ini dapat dipahami bahwa setiap bagian dari Indonesia sangat berperan dalam menjaga keutuhan bangsa di tengah maraknya politisasi terhadap berbagai lembaga maupun organisasi.

Fakta tersebut dapat berujung pada terpecah belahnya masyarakat akibat perbedaan pilihan yang tidak dibarengi dengan penyampaian informasi maupun kampanye pemilu damai.

Karena pers memiliki tanggung jawab yang sangat besar sebagai lembaga yang harus mengakomodir para wartawan di Indonesia menghasilkan berita akurat, dan efektif.

Besarnya tugas tersebut membuat seluruh insan pers harus bisa memberi informasi berimbang sebagai bentuk netralitas untuk menciptakan pemilu damai.

Keakuratan informasi sangat diperlukan agar masyarakat agar tidak terpecah belah dan jatuh dalam konflik akibat penyebaran berita bohong dan provokatif.

Semoga seluruh masyarakat Indonesia dapat bekerja sama dalam menyampaikan informasi yang tidak berisikan hoaks maupun SARA sehingga mampu menciptakan pemilu damai.

Penulis: Marselina Senaen
Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *