free page hit counter

Kiat-kiat sederhana Untuk Anak Muda Dalam Hilangkan Stres

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Sobat Damai, hidup yang kita jalani kadang berjalan tak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Segala ekspektasi dan rencana-rencana yang kita bayangkan bahkan telah kita persiapkan dengan matang, kadang tetap menjadi ekspektasi serta rencana dan tak pernah berubah menjadi kenyataan yang menyenangkan hati.

Kisah sedih seperti ini mirisnya bukan hanya terjadi satu atau dua kali, bahkan saking seringnya kita ditampar realita sampai kita tak perlu repot-repot lagi memakai blush on.

Hal seperti ini seringkali membuat kita stres, entah karena merasa gagal mewujudkan keinginan kita atau karna tak sanggup menerima dan menghadapi kejamnya realita.

Sebenarnya sah-sah saja kita merasa kecewa dan terluka dengan apa yang ada, sebab hal tersebut adalah respon yang sangat manusiawi.

Namun sayangnya, rasa kecewa dan terluka yang hadir dalam bentuk stres inilah yang acapkali berubah menjadi emosi-emosi bahkan tindakan yang buruk serta negatif entah bagi orang lain atau bagi diri kita sendiri.

Maka dari itu, untuk menciptakan kondisi mental yang sehat bagi Sobat Damai tercinta, mimin mau kasih tips atau kiat-kiat sederhana namun sangat penting dalam hal menghilangkan dan menepis rasa stress. Yuk simak!

  1. Menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal positif

Seringkali stres muncul ketika kita terlalu sering memikirkan hal-hal yang dianggap sebagai masalah. Baik itu masalah kecil yang kita besar-besarkan atau mungkin masalah besar yang tak kunjung ditemukan solusinya.

Semakin kita pikirkan, semakin banyak waktu terbuang maka semakin stres dan lelah kita dibuatnya.

Oleh karena itu, cara agar tidak berlarut-larut dalam stress adalah mengalihkan waktu kita untuk melakukan hal-hal positif.

Selain itu, ketika kita menghabiskan waktu dalam melakukan kegiatan positif dan menyenangkan seringkali yang terjadi dalam tubuh kita yaitu meningkatnya hormon endorfin yang berfungsi meningkatkan suasana hati.

Nah kegiatan-kegiatan positif tersebut antara lain :
a. Berolahraga (selain bisa menghilangkan stress, juga bagus untuk kesehatan jasmani)
b. Menghabiskan waktu di alam terbuka seperti menikmati ketenangan dan sejuknya pantai, hutan atau gunung (kegiatan seperti ini bisa menenangkan pikiran),
c. Melakukan hobi yang mengasyikan (seperti menggambar, menulis, membaca, mendengarkan music, traveling dll)

  1. Berinteraksi serta berkumpul lalu menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat yang senantiasa memberikan dukungan positif terhadap kita.

Selain itu, kita bisa membicarakan masalah yang menjadi beban pikiran kita kepada mereka sekaligus meminta saran-saran positif. Hal ini bisa menjadi salah satu jalan untuk kita menyelesaikan masalah tersebut.

  1. Mengatur waktu dengan baik, dalam hal ini waktu kerja/kuliah/sekolah, waktu makan, dengan waktu istirahat.
  2. Selain itu, jika stress yang kalian rasakan terus berlanjut dan terasa berefek cukup parah bagi kesehatan mental maupun jasmani, sangat dianjurkan untuk mencari bantuan dari professional kesehatan mental.

Itulah beberapa kiat sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan stress yang berakibat buruk bagi diri kita sendiri.

Ingat sobat, hidup memberi banyak pelajaran berharga bagi kita lewat hal-hal yang tak pernah kita inginkan dan kita duga.

Salah satu pelajaran berharga adalah tetap hidup dengan baik dengan cara menyayangi diri kita sendiri.
Salam sehat, Salam Damai!

Editor: Maher Kambey
Penulis: Nurul Jannah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *