free page hit counter

Vernanda Tasik Sebut Gen Z Jaga Kesatuan dan Junjung Tinggi Pancasila

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Indonesia merupakan negara yang dianugerahi keberagaman yang mancakup suku, ras, bahasa, agama, adat istiadat, dan masih banyak lagi.

Inilah yang membuat Indonesia unik, keberagaman tersebut adalah identitas dari Indonesia.

“Saya sangat bangga dengan keberagaman di Indonesia karena semuanya bisa berdampingan, saling menghargai dan menjaga,” kata perempuan bernama lengkap Vernanda Syalomita Fristy Tasik.

“Dalam merangkul perbedaan, Indonesia punya satu ideologi pemersatu, dan falsafah hidup yakni Pancasila,” tambahnya.

Menurut perempuan yang akrab disapa Nanda ini, Pancasila masih sangat relevan untuk menjadi ideologi negara Indonesia.

“Mulai dari sila pertama hingga ke lima memuat seluruh hal yang berkaitan dengan kehidupan bernegara di Indonesia. Baik spiritual, HAM, sosial kemasyarakatan, kesetaraan, etika, dan masih banyak lagi,” ujar perempuan kelahiran Pinasungkulan, 15 Mei 2001 ini.

Pemilik akun Instagram @vernandats_ ini menuturkan, generasi Z harus terus menanamkan kesadaran untuk tetap menjaga kesatuan Indonesia dengan menjunjung tinggi Pancasila.

“Hal yang paling utama adalah rasa saling menghargai perbedaan dan saling menjaga tidak boleh pudar,” ungkap perempuan yang hobi membuat kue ini.

Dia menegaskan untuk memperkuat toleransi agar saling menerima perbedaan dan menjaga etika, baik dalam beragama serta bermasyarakat.

“Hal tersebut harus ada dan melekat dalam kehidupan kita sehari-hari, karena Pancasila harus diterapkan dalam situasi apa pun,” tandasnya.

Penulis: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *