free page hit counter

Hastin Rizka Adhani, Perempuan Cantik Asal NTB Ajak Gelorakan Tagline Duta Damai

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Halo Sobat Damai, gimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan yang sehat dan dilimpahi rezeki yah.

Kali ini Duta Damai Sulut berhasil mewancarai salah satu peserta Rakernas BNPT RI, yakni Hastin Rizka Adhani selaku Wakil Koordinator Duta Damai Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam wawancara tersebut, perempuan yang kerap disapa Ika ini mengaku senang dan bangga bisa terlibat dalam Rakernas BNPT RI 2024.

“Apalagi bisa menyaksikan penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas pejabat Pimpinan Tinggi Madya lingkup BNPT TA 2024, serta menjadi saksi diputuskannya 7 program prioritas BNPT dengan melibatkan Duta Damai se- Indonesia dalam program kerjanya,” ujarnya.

Di samping itu, dirinya juga merasa bangga dengan capaian  zero terrorist attack selama tahun 2023.

Sobat Damai, Rakornas Duta Damai tahun 2024 mengusung tema yang sangat mencerminkan persatuan Indonesia, yakni “Harmoni Multikultural”.

Perempuan kelahiran Mataram, 29 April 1996 ini mengungkapkan, setiap tahun Rakornas Duta Damai selalu memiliki tema unik dan penuh makna. 

“Pemilihan tema tahun ini sangat tepat, karena menunjukan bahwa kami yang hadir mewakili daerah/regional masing-masing memiliki adat, budaya dan latar belakang berbeda,” kata aktivis perempuan asal Mataram tersebut.

Ika menambahkan, kebegaragaman inilah yang merupakan realitas dan faktor utama mengapa tema ini diusung.

“Di dalamnya terkandung pesan bagaimana keharmonisan harus dijaga walau di tengah perbedaan individu, kelompok atau masyarakat berhak untuk diakui dan dihargai dalam keragaman mereka,” sampainya.

Dia menegaskan, tema tersebut tidak hanya untuk Duta Damai se-Indonesia, melainkan makna dari tema ini untuk semua masyarakat.

Terkait dengan makna tersebut, dirinya berpesan kepada seluruh generasi muda agar memberi kontribusi nyata dalam mewujudkan harmoni multikultural.

“Kita sebagai generasi penerus bangsa dapat memulai dari hal-hal di sekitar kita, antara lain; menanamkan nilai-nilai toleransi, peka terhadap isu pemecah belah persatuan, mempelajari keberagaman Indonesia, saling kerja sama dan diskusi terkait perdamaian,” paparnya.

“Yang terpenting yaitu saling berbagi hal-hal postif yang dapat meningkatkan keharmonisan,” ungkap perempuan yang memiliki kegemaran membaca dan berolahraga ini.

Perempuan dengan zodiak Taurus ini mengajak seluruh Duta Damai & Duta Damai Santri di 18 provinsi yang ada di Indonesia agar terus menggelorakan tagline Berani Damai Saatnya Beraksi.

“Tagline ini adalah “nyawa” saya dan teman-teman untuk terus berani melakukan aksi dalam mewujudkan perdamaian, memerangi paham radikalisme dan propaganda agar terciptanya Indonesia harmoni, rukun dan damai,” imbaunya.

“Karena jika bukan kita siapa lagi? kalau bukan sekarang, kapan lagi?,” pungkas Hastin Rizka Adhani.

Penulis: Jovan Brando Kuemba

Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *