free page hit counter

Peran Generasi Muda dan Pemanfaatan Teknologi Dalam Memajukan Daerah

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Selain jumlah yang mulai mendominasi, generasi muda juga mulai merambat dalam berbagai peran untuk memajukan daerah asalnya.

Hal ini ditandai dengan banyak anak muda yang memasuki dunia birokrasi, pemerintahan, perdagangan, maupun mereka yang akan terjun dalam bidang politik.

“Mendukung program pemerintah, dan terlibat aktif untuk kegiatan daerah merupakan langkah nyata yang harus kita (anak muda) lakukan untuk berperan memajukan daerah,” kata Jureine Valentin Debora Kalele.

Menurutnya, meski terkesan sederhana namun kedua hal tersebut punya dampak besar dalam memajukan daerah.

“Dengan begitu anak muda sudah turut serta membantu pemerintah untuk memajukan daerah kita,” sebut perempuan yang akrab disapa Jurei ini.

Meski berpotensi besar dalam memajukan bangsa dan daerah, generasi muda juga diperhadapkan dengan berbagai tantangan, utamanya berbagai hal instan dengan penggunaan teknologi.

Dampak negatif dari masalah tersebut membuat generasi muda menjadi malas dalam berbagai hal, dikarenakan terbiasa dengan hal-hal serba gampang yang sudah tersedia.

“Generasi Muda harus banyak melakukan hal praktik di lapangan dari pada belajar teori,” tambahnya.

“Dalam hal pandangan anak usia dini bahkan sampai perguruan tinggi, masalah seperti ini memang menjadi hal yang harus diwaspadai,” ungkapnya.

Ibu satu orang anak ini berpendapat bahwa dengan mudahnya akses terhadap teknologi, generasi muda diharapkan mampu berperan untuk setiap perubahan, kreativitas dan inovasi.

“Terciptanya beragam industri kreatif zaman sekarang adalah dampak positif pemanfaatan teknologi oleh anak muda,” jelas perempuan kelahiran Manado, 13 Februari 1998 ini.

Ketika ditanya terkait dengan langkah apa yang perlu dilakukan sebelum terjun ke dunia birokrasi dirinya mengatakan bahwa matang dalam berorganisasi adalah langkah awal yang perlu dipersiapkan.

Pemilik akun Instagram @jureinnn ini menuturkan, wadah organisasi sangat cocok menjadi bagian dalam membentuk seseorang mengambil keputusan, berdiri sendri, bahkan bekerja kelompok.

“Karena dari organisasi kita dilatih banyak hal yang sangat bermanfaat di dunia kerja, tak bisa dipungkiri juga menjadi landasan generasi muda untuk bisa memimpin. Setiap mental dan cara kerja akan diasah, seperti yang akan dihadapi dalam dunia birokrasi,” tandasnya.

Penulis: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *