free page hit counter

Haornas 2023, Olahraga, dan Peran Milenial serta Generasi Z Dalam Memajukannya

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Sobat damai pasti sudah tidak asing lagi dengan kata olahraga. Siapa sih anak muda zaman sekarang yang tidak tahu atau mengenal olahraga?

Olahraga sendiri banyak jenisnya seperti sepak bola, basket, lari, berenang, badminton, senam, angkat beban, bela diri dan masih banyak lagi.

Sudah pasti kalian pernah melakukan salah satu kegiatan olahraga bahkan mungkin menjadikannya sebagai hobi atau ada juga yang menjadi atlet di bidang olahraga tertentu karena saking sukanya.

Hal ini tentunya sangat baik karena bukan hanya sekedar suka saja tapi sudah berprestasi di bidang olahraga. Selain itu, manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh manusia tidak perlu diragukan lagi.

Nah, Sobat Damai udah tahu nggak sih kalau tanggal 9 September diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas)?

Di Indonesia, Haornas diperingati setiap tanggal 9 September. Dikutip dari website resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, Haornas ke- 40 tahun 2023 mengangkat tema Gelanggang Semangat Pemenang yang berarti mencerminkan semangat kompetitif dan tekad kuat dalam meraih kemenangan.

Dalam sejarahnya, olahraga di Indoensia memang sangat digemari berbagai kalangan, tak terkecuali Generasi Milenial dan Generasi Z. Hal ini ditandai dengan banyaknya atlet Indonesia dari kedua golongan generasi ini.

Tidak hanya sebatas itu, dalam media sosial juga bisa dilihat dengan jelas bahwa ada begitu banyak postingan dari Milenial dan Gen Z tentang aktivitas olahraga mereka.

Peran dua golongan generasi bangsa dalam memajukan olahraga Indonesia dan membuatnya dikenal di kancah dunia sangatlah terlihat jelas.

Sebut saja Edgar Xavier Marvelo, atlet Wushu yang sukses membuat Indonesia semakin mendunia berkat raihan prestasinya di berbagai kejuaraan tingkat internasional.

Tentunya hal ini menjadi teladan baik untuk dicontoh dan mengikuti jejak para atlet berpestasi, atau setidaknya mau membiasakan diri untuk berolahraga.

Mens Sana in Corpore Sano, yang berarti Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat. Untuk mewujudkan hal itu tentu kita harus memiliki niat dan semangat untuk memulainya meski dengan olahraga ringan sekalipun.

Tema Haornas yang telah dicetuskan Kemenpora diharapkan menjadi api semangat bagi masyarakat Indonesia menjadikan olahraga sebagai wadah untuk bisa berprestasi dan membawa nama baik olahraga tanah air.

Buat Sobat Damai yang masih malas berolahraga, berikut beberapa tips nih buat kalian kaum mageran agar coba memulai dan membangkitkan semangat olahraga, silahkan disimak yah.

  1. Melakukan kegiatan olahraga dari hal-hal yang kecil misalnya bisa coba Jalan kaki atau lari 15-30 menit.
  2. Mencari tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas olahraga misalnya di taman, GOR, lapangan, tempat gym, dan lainya.
  3. Menanamkan dalam pikiran bahwa berolahraga itu menyeanangkan dan olahraga dapat menyehatkan tubuh.
  4. Berolahraga sambil mendengarkan musik supaya lebih rileks dan bisa membangkitkan mood.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa sobat damai lakukan di rumah dan semoga tips nya bisa membantu kalian yah. Selamat Mencoba!!

sumber:
kemenpora.go.idhttps://www.kemenpora.go.id › info…Informasi Hari Olahraga Nasional 2021 – Kemenpora

Penulis: Anggreine Vinolia Ering
Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *