free page hit counter

5 Tips Lolos LPDP Sekali Daftar

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Halo sobat damai, gimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan yang baik dan sehat yah.

Siapa aja nih diantara sobat damai yang pengen kuliah dan daftar LPDP? Nah kali ini mimin bakal sharing seputar tips bagaimana bisa lolos LPDP.

LPDP sendiri merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. LPDP adalah lembaga pengelola dana abadi untuk mendanai beasiswa di bawah pengawasan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Melansir KOMPAS.com, LDPD adalah Badan Layanan Umum (BLU) yang dibentuk berdasarkan UU, di mana dalam UUD 1945 mengamanahkan bahwa sekurang-kurangnya 20% dari APBN adalah untuk fungsi pendidikan.

Berikut ini tips bagi yang ingin langsung lolos LPDP, harap disimak dengan baik yah.

  1. Pelajari visi misi dan value dari LPDP

Meski sering dianggap remeh, namun ternyata hal ini merupakan yang paling penting ketika kamu ingin mendaftar. Ibarat kata kita mau melamar seseorang tapi kita nggak tahu secara persis orang tersebut bagaimana.

Karena itu, visi misi dan value merupakan fondasi saat akan mendaftar LPDP. Ketika kita sudah mengetahuinya maka kita bisa mengisi setiap poin tersebut dalam esai kita.

  1. Temukan alasan kuat mengapa harus lanjut kuliah.

Seringkali banyak dari pendaftar LPDP yang gagal karena tujuannya untuk daftar LPDP Cuma karena ingin pergi ke luar daerah dan negeri.

Hal tersebut menyebabkan orang yang mengikuti tes wawancara tidak mendapatkan alasan kuat mengapa perlu melanjutkan kuliah.

3.Kontribusi masa lalu, masa sekarang, masa depan sebaiknya in line

Banyak peserta yang gugur karena ketidaksesuaian kontribusi masa lalu dan sekarang serta masa depan.

Sebagai contoh ketika di masa lalu berkontribusi di bidang pendidikan, kemudian di masa sekarang berkontribusi di industri kreatif dan ke depan ingin berkontribusi di bidang lingkungan.

Tentunya sebagai orang awam kita melihat contoh di atas menunjukkan kurangnya komitmen di suatu bidang, hingga peserta dengan latar belakang tersebut sulit untuk lolos.

  1. CV di web application harus kuat

Banyak yang gagal dalam mendaftar beasiswa LPDP dikarenakan menganggap remeh CV pada web application LPDP. Contohnya pada web LPDP ada kolom hal yang paling tidak membanggakan.

Banyak orang hanya sekedar mengisi hal tidak membanggakan tetapi enggan menceritakan bagaimana mereka bangkit dari momen tersebut.

  1. Perbanyak doa

Hal ini adalah hal yang paling penting. Meski sudah berusaha keras, ada Sang Maha Kuasa yang berdaulat atas segala sesuatu. So guys, ketika kalian ingin lancar dalam proses pendaftar maka perbaiki hubunganmu dengan yang di Atas.

Itu dia 5 tips yang bisa kalian siapkan sehingga kalian bisa lolos ketika daftar beasiswa LPDP baik didalam negeri maupun di luar negeri.

Penulis: Johanes Paulus
Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *