free page hit counter

Tiga Persiapan Penting Dalam Proses Daftar Beasiswa

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Dalam menempuh proses pendidikan tinggi, tentu ada berbagai cara yang bisa dijalani. Baik itu mandiri, maupun beasiswa.

Terkait beasiswa nih sobat Damai, mahasiswa atau calon mahasiswa perlu mempersiapkan beberapa hal penting guna mendukung proses pendaftaran beasiswa. Apa saja itu?

Berikut tiga hal penting yang harus disiapkan untuk mendaftar beasiswa

  1. Sertifikat kemampuan berbahasa

Hampir semua beasiswa menysaratkan agar pelamarnya mempunyai sertifikat kemampuan bebahasa Inggris terutama bagi mereka yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.

Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris seperti TOEFL, ITP, TOEFL iBT dan IELTS adalah bagian mutlak yang tidak boleh dilewatkan.

Sehingga jika kamu mau untuk coba mendaftar beasiswa kamu harus mendapatkan sertifikat bahasa yang dikeluarkan lembaga resmi dan berlisensi.

  1. Portofolio pengalaman

Salah satu syarat beasiswa adalah memasukan CV sebagai salah satu persyaratannya, sebab itu penting untuk kita memikiki pengalaman dalam berbagai projek baik waktu pengalaman di organisasi internal atau eksternal kampus, maupun pengalaman dalam dunia pekerjaan.

Hal ini juga akan menunjukan bagaiman seorang pendaftar memiliki jiwa kepemimpinan, skill interaksi sosial bahkan pemecah masalah jika dia mempunyai portofolio pengalaman.

  1. Skill Menulis

Walaupun tidak semua beasiswa menyaratkan essay, tapi hampir semya beasiswa prestigious seperti LPDP, AAS, Chevening, Fullbright, dan lainnya menyaratkan para pendaftar memasukan essay sesuai format yang mereka terapkan.

Maka sebab itu, skill penulisan sangat dibutuhkan untuk bisa menulis essay dengan baik dan terstruktur.

Nah itu dia tiga hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendaftar beasiswa sobat Damai. Persiapkan diri dari sekarang yah, dan jangan lupa untuk tetap selalu bersemangat.

Penulis: Johanes Paulus
Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *