free page hit counter

Pentingnya Menjaga Kebersamaan di Tengah Gempuran Digitalisasi

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Kebersamaan menjadi hal yang sangat penting untuk tetap dijaga dalam pesatnya perkembangan digitalisasi seperti sekarang. Hal ini menjadi tantangan yang semakin kompleks di tengah masyarakat.

Kita seringkali terlena dengan kecanggihan teknologi yang membuat kita merasa lebih dekat dengan orang-orang di dunia maya, namun pada kenyataannya, mungkin semakin jauh dari orang-orang di sekitar.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat masyarakat terhubung secara global dan mempermudah berkomunikasi satu sama lain.

Namun di sisi lain, hal ini dapat menimbulkan masalah seperti kesenjangan sosial, dan kecenderungan untuk hidup dalam dunia maya yang terpisah dari dunia nyata.

Menjaga kebersamaan di tengah dunia yang serba digital ini menjadi suatu keharusan agar masyarakat dapat hidup dengan harmonis.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami bagaimana menjaga kebersamaan di tengah gempurnya digitalisasi ini.

Pertama-tama, kita harus belajar menghargai perbedaan. Teknologi telah membuat dunia semakin kecil, karena dengan mudah bisa membuat semua orang dari penjuru dunia terhubung.

Namun, perbedaan budaya, bahasa, dan pandangan hidup dapat membuat kita merasa sulit untuk terhubung satu dengan yang lain.

Penting untuk belajar menghargai perbedaan dan memahami bahwa setiap orang memiliki latar belakang yang berbeda-beda.

Kedua, kita juga harus berusaha untuk tetap terhubung dengan orang-orang di sekitar kita atau meningkatkan komunikasi antarindividu secara langsung di dunia nyata.

Meskipun teknologi telah membuat manusia lebih mudah terkoneksi dari sebelumnya, kita mungkin justru semakin jauh dari orang-orang yang ada di kehidupan sehari-hari.

Maka dari itu, penting untuk tetap berinteraksi secara langsung dengan orang-orang di sekitar kita dan menjalin hubungan erat bersama mereka.

Hal ketiga, kebersamaan juga dapat dijaga dengan memanfaatkan teknologi untuk kegiatan bersifat positif.

Contohnya membentuk kegiatan sosial seperti komunitas positif yang dibentuk untuk membantu pemerintah dalam membangun bangsa.

Para anak muda yang tergabung dapat mempererat kebersamaan di tengah masyarakat dan memperlihatkan bahwa teknologi dapat digunakan untuk tujuan yang positif.

Terakhir atau hal keempat, selalu ingat dengan penuh kesadaran untuk tetap manusiawi dalam menggunakan teknologi.

Dunia digital seringkali membuat kita merasa anonim, dan kita mungkin merasa lebih mudah untuk bersikap kurang ajar atau tidak sopan secara online.

Namun kita harus selalu mengingat bahwa di balik setiap akun atau profil di internet, ada manusia yang sebenarnya dengan perasaan yang sama seperti kita.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap menghormati orang lain dan bersikap sopan dalam setiap interaksi di dunia maya.

Kesimpulannya, kebersamaan tetap menjadi hal yang penting di tengah gempurnya era digitalisasi ini.

Dengan menghargai perbedaan, semuanya bisa tetap terhubung dengan orang-orang di sekitar.

Manfaatkan teknologi untuk kegiatan positif, dan tetap manusiawi dalam menggunakan teknologi, kita dapat menciptakan dunia digital yang lebih baik dan akan selalu dipenuhi dengan hal-hal yang positif.

Penulis: Claudia Vinny Selan

Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *