free page hit counter

Implementasi Mapalus di Dunia Maya

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Minahasa adalah suku atau etnis yang berada di Sulawesi Utara.

Suku ini juga dikenal karena budaya, dan tradisi yang kaya. Hal tersebut telah diwariskan dan dilestarikan dari generasi ke generasi hingga sekarang.

Salah satu tradisi atau budaya yang cukup menarik dari suku Minahasa, yakni Mapalus. Mapalus adalah budaya gotong royong yang berasal dari daerah Minahasa di Sulawesi Utara, Indonesia.

Kata “Mapalus” berasal dari bahasa Minahasa yang berarti “bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama”.

Mapalus tertanam kuat dalam kehidupan masyarakat Minahasa, dan memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan perilaku sosial mereka.

Budaya Mapalus sendiri didasarkan pada prinsip gotong royong, dimana anggota masyarakat bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, baik itu di bidang pertanian, konstruksi, atau bidang lainnya.

Budaya mapalus terus menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Minahasa, bahkan pada zaman modern seperti sekarang.

Ini telah membantu mempromosikan kohesi sosial dan persatuan di antara anggota masyarakat, serta memainkan peran penting dalam membentuk identitas masyarakat Minahasa.

Sobat Damai, dari budaya Mapalus kita dapat belajar bahwa jika ingin mencapai suatu tujuan bersama, maka kita perlu mengesampingkan perbedaan dan membangun persatuan dalam kebersamaan.

Di era digitalisasi kita bisa menerapkan budaya Mapalus bukan hanya di dunia nyata saja, namun di dunia maya juga.

Berikut 3 contoh implementasi budaya Mapalus yang bisa diterapkan lewat dunia maya:

1.Crowdfunding

Sobat Damai dapat menggunakan platform crowdfunding, di mana orang berkumpul untuk mendukung tujuan atau proyek bersama yang bersifat positif.

2. Tutorial online

Sobat Damai bisa berbagi informasi dan sumber daya, seperti tutorial dan kursus online, untuk membantu orang lain mempelajari keterampilan baru serta berbagi pengalaman dan saling mendukung.

3. Tagar bersama

Sobat Damai bisa membuat tagar bersama dalam mengampanyekan suatu isu positif atau kritis agar bisa disebarluaskan secara masif di dunia maya.

Sobat Damai, mari satukan perebedaan dan ciptakan kebersamaan dalam menyongsong Indonesia Emas 2045! Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh!

Penulis: Jovan Brando

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *