free page hit counter

Bahasa Indonesia, Pancasila, dan Rasa Cinta Tanah Air Jadi Unsur Pemersatu Bangsa

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Indonesia merupakan negara yang terletak di benua Asia bagian tenggara dan dikenal dengan berbagai budaya, adat, tradisi, bahasa, serta banyak hal beragam lainnya.Jika dikaji lagi, tidak ada negara di dunia yang mempunyai keberagaman seperti Indonesia.

Hal tersebutlah yang menjadikan negara ini unik dan berbeda diantara banyak sekali negara.

Meski begitu, keberagaman dan perbedaan juga bisa menjadi potensi konflik dan perpecahan yang membahayakan Indonesia jika tidak dikelola dengan benar.

Namun disinilah letak keunggulan Indonesia, para pendiri bangsa mampu berpikir jauh ke depan akan potensi masalah yang bisa muncul karena semua perbedaan dan keragaman tersebut. Jawabannya ada pada ideologi negara ini, Pancasila.

Karena Pancasila merupakan pemersatu bangsa Indonesia yang sudah terbukti mampu menjadi pandangan hidup dan dasar negara dengan sangat baik.

Tidak hanya Pancasila, Bahasa Indonesia juga adalah salah satu bagian vital dari persatuan Indonesia itu sendiri.Bahasa Indonesia mampu menyatukan semua elemen masyarakat tanpa memandang status dan golongan seseorang.

Bahasa nasional ini merupakan unsur pemersatu 733 bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote.

Selain Pancasila dan Bahasa Indonesia, rasa cinta tanah air dan menerima perbedaan juga punya posisi amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Masih banyak hal lain yang dapat membuat kita menerima semua perbedaan dan menjadikannya satu kesatuan utuh serta tangguh.

Bukankah keberagaman itu menjadikan negara kita unik dan asyik?

Mari kita generasi muda Indonesia merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan ibu pertiwi. Merajut Keberagaman Demi Indonesia Maju. Berani Damai, Saatnya Beraksi!!

Penulis: Maher Kambey

Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *