free page hit counter

SITEMAN 1: Sejarah Singkat Manado

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Hai Sobat Damai Manado, siapa nih yang masih belum tahu tentang sejarah Kota Manado? Sudah lama sejak lahir atau tinggal di Manado, tapi ketika ditanya “Nyong, bagimana kang sejarah Kota Manado?” dan jawabnya masih “Oh kita memang asli Manado om, tante tapi kurang tau leh soal sejarah Manado”.Waduh stop di sini ya, simak sejarah singkat kota Manado berikut ini.

Terbentuknya Kota Manado jika dilihat dari segi keturunan sudah kita ketahui bersama memiliki catatan sejarah yang sangat erat dengan Toar dan Lumimuut.

Penduduk manado yang dikatakan berasal dari suku Minahasa memang membuat kota ini memiliki penduduk yang banyak dikarenakan terus berkembang.

Akan tetapi mari kita lihat lagi 100-50 tahun terakhir dimana penduduk Kota Manado juga terdiri dari orang-orang berbagai daerah.

Bisa dikatakan bahwa Kota Manado bukan lagi hanya sebatas dari suku Manado itu sendiri tetapi merupakan hasil dari banyaknya pengunjung yang memilih menetap setelah merantau sekian lama dan ada juga yang memang pindah dari desa atau kota lain ke Manado atau rural-urban.

Selain faktor pesatnya perkembangan ekonomi, industri dan pemerintahan yang mampu membuka lapangan pekerjaan, dengan kata lain ‘keluar dari zona nyaman’ dengan tujuan membangun kenyamanan di tempat baru dan melanjutkan hidup dengan suasana yang baru menjadi beberapa faktor dari rural-urban ini.

Dari perpaduan penduduk ini pulalah yang membuat kota manado menjadi kota yang ragam akan suku, ras, dan agama.Selama masa penjajahan Belanda, Manado menjadi pusat administrasi di Sulawesi Utara.

Pada tahun 1859, Manado resmi menjadi ibu kota administratif dari wilayah Keresidenan Celebes. Setelah Indonesia memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1945, Manado menjadi bagian dari Republik Indonesia.

Sejak itu, Manado mengalami perkembangan pesat sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan di Sulawesi Utara.

Namun, kota ini juga tetap mempertahankan tradisi dan budaya yang khas, terutama seni dan kebudayaan.

Jika kita memperhatikan asal-usul Kota Manado dari referensi lainnya, ada yang mengatakan bahwa Manado juga merupakan kota yang berasal dari satu-satunya desa yang bernama wenang di abad ke 17.

Adapula yang mengatakan bahwa Manado berasal dari pendatang daerah Buton dan Makassar di abad ke 13, pun berasal dari Pulau Manado Tua menurut catatan sejarahnya.

Mari kita lihat pengelompokan dari sejarah Kota Manado dibawah ini

1. Awal Mula

Sejarah Manado dimulai sejak abad ke-13 Masehi, ketika orang-orang dari Buton dan Makassar datang ke Sulawesi Utara untuk melakukan perdagangan. Mereka membentuk pelabuhan di sekitar Tanjung Merah dan memperkenalkan agama Islam ke daerah tersebut.

2. Awal Abad ke-16

Pada awal abad ke-16, Portugis tiba di Sulawesi Utara. Mereka membangun hubungan dagang dengan orang Manado dan memperkenalkan agama Katolik ke daerah tersebut. Pada masa ini Kota Manado menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan menjadi daerah yang strategis serta banyak dijadikan sebagai basis oleh kaum kolonial.

3. Abad ke-19

Pada abad ini, Belanda mengambil alih kekuasaan atas Sulawesi Utara. Di bawah pemerintahan Belanda, Manado dijadikan sebagai pusat administratif dan pusat perdagangan.Banyak orang Minahasa yang mulai belajar ke sekolah Belanda. Selama masa pemerintahan Belanda, Manado mengalami banyak perubahan signifikan, termasuk pembangunan jalan yang lebih baik.

4. Abad ke-20

Pada masa Pendudukan Jepang, Manado dijadikan sebagai pusat administratif untuk wilayah Sulawesi Utara. Orang Manado diharuskan untuk diawasi dan dikontrol oleh Jepang. Setelah Perang Dunia II berakhir, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.

5. Manado Setelah Indonesia Merdeka

Manado menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Utara ketika provinsi ini dimekarkan pada tahun 1964. Sejak saat itu, Manado mengalami banyak perkembangan, termasuk pembangunan infrastruktur dan peningkatan perekonomian.

Nah itulah sejarah singkat terkait Kota Manado. Jadi kalau ada yang tanya lagi udah tahu kan?Sobat Damai bisa cari info selengkapnya jika belum puas dengan informasi singkat ini.

Petuah rekan terdahulu, “Jangan sekali-kali melupakan sejarah!”Yuk bantu Sobat Damai memperkenalkan kembali sejarah singkat tentang Kota Manado kepada teman, keluarga dan masyarakat agar kita tidak melupakan sejarah berkembangnya Kota Manado di Sulawesi Utara ini, Salam Damai!

Penulis : Fitroh Hadju

Editor : Fitry Hadju

Daftar Pustaka:

1. Hasanuddin, A. (2020). Sejarah Sulawesi Utara. Nusa Medan.2. Zuber, M. (2018). Sejarah Kota Manado. Rizal Press.3. Suara Sulut. (2021). Sejarah Kota Manado. Retrieved from https://suarasulut.com/sejarah-kota-manado/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *