free page hit counter

Keberagaman Indonesia Ciptakan Harmoni

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Beragam, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Indonesia. Kenapa beragam? Karena Indonesia terdiri dari banyak suku, etnis, budaya, tradisi, bahasa, dan agama yang berbeda.

Meski beragam, Indonesia tetap satu. Persatuan ini dapat terwujud di tengah keberagaman yang sering dipandang sebagai pemecah belah oleh orang-orang intoleran.

Dalam perjalanan bangsa Indonesia, ada begitu banyak tantangan dan ujian dalam mempersatukan keberagaman ini.

Justru keberagaman inilah yang menciptakan keindahan dan harmoni di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Sekarang ini, keberagaman Indonesia kembali diuji dengan proses demokrasi yang sedang berlangsung.

Perhelatan lima tahunan ini dipandang sebagai tantangan besar yang kompleks nan rawan. Hal ini dikarenakan perbedaan pilihan yang dihadapi masyarakat Indonesia.

Meski berbeda pilihan, kita semua tetaplah satu sebagai bagian dari Indonesia itu sendiri. Selepas pemilu, semua orang akan kembali dengan keseharian mereka.

Orang-orang dengan beda pilihan akan kembali saling bertemu dan bertegur sapa. Dengan fakta ini, apakah kita akan membiarkan perbedaan pilihan merenggut keakraban dan kedekatan kita sebagai satu kesatuan?

Pertanyaan ini memang cukup ironis bagi mereka yang membiarkan dirinya hanyut dalam perpecahan akibat berbedanya pilihan politik masing-masing orang.

Sejatinya, perbedaan pilihan mampu menciptakan harmoni. Sebagai masyarakat yang sudah terbiasa dengan perbedaan, tentu kita tidak ingin terpecah belah.

Momentum inilah yang menjadi ujian bagi kita, karena orang-orang tidak bertanggung jawab akan sangat senang memanfaatkan momentum ini untuk membuat Indonesia tidak kondusif.

Mari jadikan momentum pemilu sebagai pesta demokrasi yang asyik dan menyenangkan. Meski berbeda pilihan, tetaplah jaga persatuan dan kesatuan. Bukankah sudah sejak awal kita dibesarkan dengan perbedaan?

Tetaplah bersatu sebagai suatu bangsa yang beragam dan kuat dalam perbedaan, dengan begitu tanpa kita sadari akan tercipta harmoni dengan sendirinya.

Tanpa kita sadari, kita sendiri yang membuat bangsa lain takjub dengan segala perbedaan yang kita miliki. Kenapa? Karena kita Indonesia.

Indonesia yang beragam, Indonesia yang harmoni dan serasi.
Berani Damai, Saatnya Beraksi!

Penulis: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *