free page hit counter

Pemilu Damai 2024 Dalam Bingkai Torang Samua Basudara

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Sitou Timou Tumou Tou adalah gambaran filosofi hidup masyarakat Nyiur Melambai yang dicetuskan oleh Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi. Ungkapan tersebut memiliki arti yakni, “Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Manusia Lain”.

Sobat Damai, selain filosofi dari Sam Ratulangi yang dikenal serta diterapkan masyarakat Sulawesi Utara, terdapat satu semboyan juga melekat dalam keseharian masyarakat Sulut. Ya, “Torang Samua Basudara” atau dalam bahasa Indonesia adalah Kita Semua Bersaudara.

Ungkapan “Torang Samua Basudara” mempunyai makna budaya dan filosofis yang signifikan. Ini menandakan gagasan bahwa setiap orang adalah saudara dan saudari, terlepas dari perbedaan etnis, budaya, atau agama.

Filosofi di balik ungkapan tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa semua individu diciptakan setara dan kepentingan kolektif jauh lebih penting daripada kepentingan individu.

Sobat Damai, slogan tersebut menekankan pada gagasan bahwa semua manusia adalah ciptaan Tuhan,oleh karena itu hendaknya saling mencintai dan peduli, hidup dalam keadaan saling mendukung dan menyayangi, tanpa memandang perbedaan SARA.

“Torang Samua Basudara” tidak hanya terbatas pada kelompok tertentu saja, namun telah melampaui batas hingga mencakup masyarakat dari berbagai latar belakang agama, suku, ras budaya maupun etnis.

Sobat Damai tak terasa kita akan memasuki tahun politik yakni pemilihan umum di tahun 2024.

Berkaca dari pemilu 2019, banyak potensi perpecahan, polarisasi serta disintegrasi di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang mengintai, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

Oleh karena itu mari kita gaungkan serta terapkan selalu filosofi “Torang Samua Basudara” agar menjadi pegangan untuk mencegah konflik dan potensi perpecahan dan disintegrasi dengan megedepankan gotong royong serta hidup berdampingan dalam perdamaian walaupun terdapat perbedaan suku, agama, budaya maupun pilihan politik.

“Torang Samua Basudara Karna Torang Samua Ciptaan Tuhan. Sobat Damai, mari sukseskan Pemilu Damai di tahun 2024!
Berani Damai,Saatnya Beraksi! Cinta Sulut Cinta Indonesia!

Penulis: Jovan Brando Kuemba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *