free page hit counter

Semangat Sumpah Pemuda Kuatkan Persatuan Bangsa

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Sumpah Pemuda merupakan tonggak sejarah yang penting dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Pada 28 Oktober 1928, pemuda-pemuda Indonesia dari berbagai suku, ras, dan etnis bersatu dalam semangat persatuan untuk mencapai kemerdekaan dan kemajuan bangsa.

Melansir situs resmi Museum Sumpah Pemuda di tahun 1928 silam, Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) menginisiasi diselenggarakannya Kongres Pemuda yang dilakukan selama tiga kali di tiga tempat yang berbeda.

Kongres pemuda tersebut diselenggarakan sebagai dampak dari gagalnya kongres pemuda pertama sekaligus bentuk dari upaya mewujudkan persatuan pemuda.

Sumpah Pemuda mengandung pesan yang kuat dalam membangun persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Dalam sumpah tersebut para pemuda-pemudi Indonesia menyatakan kesetiaan mereka kepada tanah air, mengakui bahwa mereka adalah satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia, dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Semangat Sumpah Pemuda memiliki peran yang penting dalam memperkuat persatuan bangsa sampai saat ini yang mana para kaum pemuda-pemudi menjadi ujung tombak dari bangsa Indonesia.

Momentum Sumpah Pemuda tersebut telah mempersatukan seluruh aspek bangsa, tidak hanya pemuda saja.

Persatuan para pemuda-pemudi untuk bangsa adalah hal yang sangat penting dalam membangun dan memajukan Indonesia, dengan terus menjunjung tinggi semangat persatuan yang dikumandangkan 95 tahun lalu.

Semangat persatuan ini membuat pemuda-pemudi Indonesia mampu bekerja sama mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi bangsa dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya.

Dimulai dari saling menghormati dan menghargai sesama dalam kehidupan sehari-hari. Seperti menanamkan rasa toleransi antar kelompok, agama, suku, ras, dan budaya yang ada.

Dilanjutkan dengan terus menyebarkan energi positif dalam keseharian khususnya dalam era digital ini dengan menyebarkan energi positif melalui pesan singkat ataupun postingan pribadi.

Secara tidak langsung kita dapat membangun kembali semangat dan rasa persatuan di bangsa Indonesia dalam seluruh aspek masyarakat dalam lingkungan yang adil, damai, dan harmonis.

Penting bagi generasi muda Indonesia untuk terus menghidupkan semangat Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya saat momentum peringatan hari Sumpah Pemuda.

Dengan memahami sejarah dan makna dari Sumpah Pemuda, pemuda-pemudi Indonesia dapat menjadi agen perubahan yang membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik, di mana persatuan, keadilan, serta kemajuan bangsa menjadi pijakan utama setiap generasi muda.

Berani Damai, Saatnya Beraksi!

Penulis: Claudia Vinny Selan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *