free page hit counter

Semangat Sumpah Pemuda

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Bulan Oktober merupakan salah satu bulan bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia, ini karena peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada 28 Oktober 1928.

Peristiwa ini menjadi salah satu bukti nyata besarnya peran pemuda dalam mewujudkan persatuan Indonesia yang kala itu ingin merebut kemerdekaan.

Waktu itu para pemuda yang datang dari berbagai macam latar belakang, berkumpul dan bersatu dengan satu tujuan ke depan yakni bersatunya Indonesia.

Semangat ini harus selalu dipelihara hingga berbuah manis pada tahun 1945 dimana Indonesia mampu merebut kemerdekaan.

Semenjak itu, semangat sumpah pemuda terus diwariskan dari generasi ke generasi agar memberi dorongan dan motivasi kepada generasi penerus bangsa.

Pada tahun 2023, ketika berbicara tentang anak muda di Indonesia tentu kita bisa menyaksikan banyak prestasi dan capaian dari para pemuda.

Meski begitu tantangan yang dihadapi para pemuda kita juga tidak mudah, pengaruh digitalisasi membuat pemuda pemudi menjadi malas dan memiliki mental yang kurang kuat.

Belum lagi candu akan sosial media semakin membuat pemuda terbawa arus globalisasi terus menghanyutkan ke arah yang kurang baik.

Di sisi lain, roh sumpah pemuda yang dibangkitkan 95 tahun lalu rupanya masih membara dan membakar semangat para kaum muda masa kini.

Ini dibuktikan dengan banyaknya pemuda yang bangga dengan keberadaan mereka sebagai bagian dari Indonesia.

Disamping rasa bangga, terbukti banyak anak muda Indonesia melahirkan inovasi di berbagai bidang.

Dalam dunia usaha misalnya, munculnya industri kreatif menjadi bukti bahwa pemuda memberi sumbangsih nyata bagi kemajuan bangsa dalam aspek ekonomi.

Capaian dalam dunia olahraga juga tidak bisa diapandang sebelah mata. Dalam bidang politik, pemuda mulai mengambil peran dengan menjadi wakil rakyat, diplomat bahkan hingga tingkatan menteri.

Semua hal tersebut menandakan bahwa semangat sumpah pemuda masih membara demi kepentingan Indonesia.

Sebagai generasi muda tentu kita tidak boleh tinggal diam, pada 2045 Indonesia akan menjadi negara kuat yang didominasi oleh para anak muda di usianya ke 100 tahun.

Dalam perjalanan menuju Indonesia Emas pengaruh sumpah pemuda masih sangat relevan dalam mengawal proses perjalanan bangsa.

Tidak ada yang menyangka bahwa deklarasi 95 tahun lalu memiliki dampak besar dan masih terus dijaga hingga sekarang oleh kaum muda.

Sebagai generasi penerus bangsa mari jaga dan pelihara semangat serta roh sumpah pemuda untuk membawa bangsa ini semakin melaju menuju Indonesia maju dan berdaulat.

Penulis: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *