free page hit counter

Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Lewat Kulit Bundar

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak di kawasan Asia Tenggara, yakni 277,43 juta jiwa pada tahun 2023.

Melansir CNN Indonesia, berdasarkan penelitian yang dilakukan Nielsen Sport, presentase penduduk Indonesia yang memiliki ketertarikan pada olahraga sepak bola yaitu 77%.

Sepak bola bukan sekadar olahraga yang populer dan terjangkau bagi semua pihak, namun didalamnya juga dapat menumbuhkan semangat nasionalisme bagi bangsa.

Sepak bola menjadikan dunia antusias sekaligus mengintegrasikan seluruh lapisan masyarakat dan melampaui batas-batas geografis kenegaraan.

Sobat Damai, tahukah anda bahwa berdasarkan data tersebut, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penggemar bola terbanyak di dunia.

Mungkin hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) menunjuk Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 di tahun 2023, yang rencananya diselenggarakan pada bulan November hingga Desember 2023.

Sobat Damai, sebagai masyarakat patutlah kita mendukung Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-17, baik dukungan secara langsung di stadium maupun lewat layar kaca.

Berikut ini cara mendukung Timnas Indonesia sekaligus juga bisa menumbuhkan rasa Nasionalisme Sobat Damai, dilansir dari brilio.net :

1. Wajib Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Sebagai suporter wajib untuk menyanyikan lagu kebangsaan pada saat Timnas bertanding, baik di stadium maupun didepan layar kaca Sobat Damai.

2. Membentang syal Timnas Indonesia

Warna syal biasanya sesuai dengan warna kebesaran tim. Untuk Timnas Indonesia, warnanya adalah merah dengan tulisan putih. Jika satu stadion membentangkan syal yang sama dalam satu waktu, maka akan terlihat sangat indah.

Para pemain pun bertambah semangat, karena melihat pendukung mereka menginginkan kemenangan.

3. Bernyanyi

Dalam sebuah pertandingan sering terlihat ada beberapa suporteryang memimpin rekannya bernyanyi sepanjang waktu pertandingan.

Mereka rela membelakangi lapangan dan tidak melihat pertandingan karena ingin para suporter lain memberikan nyanyian yang sama untuk tim kesayangan mereka.

4. Menggunakan warna yang seragam

Para pendukung harus mempunyai atribut dengan warna sama, baik kaos, syal, topi, bendera, dan lainnya. Kebersamaan ini menjadi sangat indah dan membuat pemain pun bersatu padu memberi kemenangan.

5. Tagar di medsos

Dukungan bisa diberikan di dalam maupun di luar stadion. Dukungan di luar stadion juga bisa membuat semarak pertandingan. Salah satunya adalah dengan menciptakan tagar di media sosial yang membuat banyak orang tertarik mendukung timnas.

Cara ini efektif jika dilakukan sebelum pertandingan. Ramainya medsos dengan ungkapan dukungan akan membuat gairah penonton untuk datang ke stadion semakin besar.

6. Poster

Dukungan bisa diberikan lewat poster yang menarik yang bisa ditampilkan di stadium maupun dibagikan di media sosial.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendukung Timnas Indonesia bertanding nanti di Piala Dunia U-17 tahun 2023.

Nasionalisme mungkin bisa didefinisikan, namun bentuknya sangat mungkin berbeda-beda tergantung apa peran yang kita jalani sebagai warga Negara.

Nasionalisme mungkin tidak terlihat secara fisik, tapi jelas bisa dirasakan, yaitu rasa yang menyatukan kita sebagai bangsa. Nasionalisme adalah jawaban dari setiap kondisi sulit yang dialami bangsa kita, suatu hal yang mampu membuat mungkin sesuatu yang seolah tidak mungkin.

Nasionalisme tidaklah terbentuk dengan mudah, perlu perjuangan, perlu pengorbanan dari setiap elemen bangsa. Semoga lewat sepak bola dapat menumbuhkan rasa nasionalisme kita semua. Jayalah Timnas Indonesia!

Penulis: Jovan Brando Kuemba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *