free page hit counter

SITELUT 2: Good Looking Versi Desa Budo Sebagai Lokasi Wisata Dermaga di Wilayah Mangrove

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Kalau pembahasan SITELUT 1 mengulas manfaat aset desa Budo, tulisan kali ini akan mendeskripsikan seperti apa sih Dermaga Budo ini? Yuk simak sampai selesai.

Wisata di Sulut yang biasa disapa dengan ‘Dermaga Budo’ ini sesuai dengan penjelasan jadesta.kemenparekraf.go.id.Terkait penamaan desa Budo berasal dari kisah sepasang suami istri asal Suku Kaili yang menetap di desa tersebut dan kemudian memiliki anak perempuan yang berkulit putih atau biasa masyarakat manado sebut ‘Budo’.

Jika dideskripsikan, lokasi mangrove desa Budo didesain dengan beton dermaga menggunakan model huruf L dan dihiasi lampu di tepi betonnya sehingga ketika menjelang malam lampu dinyalakan, lokasi dermaga nampak cantik dan sejenak dari kejauhan seperti melihat city light kota versi mini.

Sekitaran lokasi dermaga juga biasa terkenal dengan lokasi diving dan snorkeling tak kalah cantik dengan Bunaken terlebih setelah mengetahui aneka hewan lain yang khusus terdapat di desa Budo.

Sebelum memasuki Dermaga Sobat Damai akan dapati 2 parkiran. Parkiran pertama yakni khusus mobil dan parkiran kedua (beberapa meter masuk lagi area loket) khusus motor.

Spot selanjutnya adalah foto khas desa Budo, wastafel sebagai bentuk disiplin protokol kesehatan Covid-19, loket masuk dermaga, dan tersedia juga barang-barang anyaman original karya anak desa berupa gantungan kunci, tas anyaman kayu, topi santai dan lain-lain.

Ketika masuk gapura dermaga, dapat dilihat di samping kiri-kanan terdapat banyak hiasan dari kayu yang dihias bersamaan dengan beton seperti lampion berkesan aesthetic. Tepat pertengahan latar L, banyak juga spot foto dan Sobat Damai akan dapati view cantik untuk foto dari segala segi.

Terakhir, dipenghujung pelataran L Sobat Damai akan disuguhi kantin yang menyediakan banyak kuliner khas kota. Jika ingin berkunjung, baiknya Sobat Damai mulai perjalanan sejak sore hari agar bisa menikmati sunset tepat di ujung dermaga.

Nah gimana nih Sob? Pasti seru kan mengenal desa Budo. Masih banyak hal menarik lainnya yang bisa Sob dapatkan nanti. So, jangan lupa berkunjung ya.Sekian info dari mimin, Salam Damai

Penulis: Fitroh Hadju

Editor: Fitry Hadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *