free page hit counter

World Environment Day 2023

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni mengandung banyak makna dan arti yang besar bagi kita, salah satu spesies penghuni bumi indah ini.

Dalam kehidupan yang sudah semakin berkembang, kita seringkali hanya fokus memikirkan kesenangan diri kita sendiri hingga lupa bahwa kelangsungan hidup bumi sedang dalam kondisi sekarat.

Padahal kita selalu berkeinginan besar untuk mewariskan kehidupan yang layak bagi anak cucu kita nanti.

Namun sayang, kurangnya kepedulian kita terhadap kelangsungan lingkungan hidup membuat warisan yang nantinya akan dinikmati oleh keturunan kita adalah hidup dalam lingkungan yang tidak sehat.

Bisa kita temui dengan sangat mudah sob, ada banyak sekali ulah tangan manusia yang menggerus hasil alam sebanyak-banyaknya demi keuntungan sendiri.

Mereka tidak peduli akibat dibalik tindakannya itu yang merusak kelangsungan hidup alam, makhluk yang tinggal disekitarnya bahkan manusia itu sendiri.

Tindakan manusia yang tak bertanggung jawab ini diantaranya seperti penggundulan hutan, perubahan pengunaan lahan bahkan hal kecil yang tidak kita sadari seperti menggunakan barang dengan bahan dasar plastik yang sulit terurai pun masuk dalam kategori merusak alam loh Sob!

Meskipun maraknya terjadi kerusakan alam yang dilakukan oleh tangan manusia, sebagian dari kita tetap punya kesadaran yang besar akan cinta lingkungan hidup.

Misalnya ada beberapa remaja yang baru-baru ini membuat konten membersihkan selokan dan kali yang penuh dengan sampah.Ini bisa menjadi tindakan yang sangat patut diapresiasi dan diikuti oleh kita, terkhususnya kaum muda yang merupakan golongan yang sedang eksis-eksisnya.

Kaum muda yang seharusnya menjadi baris terdepan dalam menjaga kelangsungan lingkungan hidup. Hal ini adalah masa keemasan dalam hidup kita.

Sudah merupakan giliran kita untuk melanjutkan estafet yang telah diwarisakan orangtua kita dan seharusnya kita bisa menjaga warisan itu untuk tetap utuh dan terjaga dengan baik agar bisa kita wariskan juga kepada anak cucu kita nanti.

Oleh karena itu, dengan adanya peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, setidaknya menjadi titik kesadaran kita untuk menjaga bumi yang kita tinggali. Karena kelangsungan hidup yang baik tergantung tindakan kita masing-masing dalam menjaga lingkungan hidup.

Kepeduliam dan kesadaran itu bisa melalui tindakan kecil seperti peduli dengan lingkungan tempat kita tinggal, membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan barang berbahan dasar sulit terurai dan mungkin bisa beralih ke bahan yang ramah lingkungan. Sebab semua tindakan itu akan kembali bermanfaat bagi diri kita sendiri.

Mari, cinta diri dan anak cucu kita dengan sama-sama menjaga kelangsungan hidup bumi beserta makhluk yang tinggal didalamnya.Salam Sadar, Salam Damai!

Penulis: Nurul Jannah

Editor: Fitry Hadju

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *