free page hit counter

Biologi dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Ilmu tentang keadaan dan sifat makhluk hidup (manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan); ilmu hayat.

Kata-kata tersebut adalah arti dari apa itu Biologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang selalu diajarkan dari SD hingga SMA, bahkan perguruan tinggi, Biologi merupakan bidang ilmu yang penting untuk dipelajari.

“Menurut saya, belajar Biologi penting karena dapat membantu mengetahui dan memahami struktur serta fungsi akan apa yang ada di dalam tubuh kita,” kata perempuan beranama lengkap Regita Velin Bala ini.

Dia menambahkan, jika mengetahui apa saja yang ada di dalam tubuh manusia, seseorang bisa lebih disadarkan untuk menjaga kesehatan.

“Kita pun belajar tentang hewan dan tumbuhan. Bidang ilmu ini juga memberikan pengetahuan tentang sumber daya alam (SDA) yang digunakan manusia,” sebut perempuan kelahiran Ranoketang Tua, 8 Juli 2001 ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, Biologi juga mengajarkan apa itu ekosistem dan bagaimana merawatnya.

Hal ini dikarenakan pentingnya ekosistem yang harus terus dipelihara demi kelangsungan makhluk hidup.

Sebagaimana pada umumnya, rasa bosan akan suatu pelajaran dapat muncul dikarenakan beberapa faktor salah satunya jika diperhadapkan dengan guru yang monoton.

“Dalam mengatasi masalah ini tentu harus dengan memberikan suasana belajar yang lebih aktif dan ceria. Apalagi sebagai calon guru, kita dituntut untuk mengajar dengan metode yang efektif agar peserta didik mampu memahami materi yang dijelaskan,” ujar pemilik akun Instagram @regitabala_ ini.

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Biologi, FMIPAK Unima ini mengungkapkan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, terdapat unsur Biologi seperti pernafasan, sinar matahari, air, kesehatan, dan lain sebagainya.

“Jika kita dengan sungguh-sungguh belajar, apa pun itu bidang ilmu yang ditekuni pasti akan ada banyak manfaat disana,” pungkas perempuan yang hobi bernyanyi ini.

Penulis: Maher Kambey

Editor: Maher Kambey

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *