free page hit counter

Memaknai Hari Lahir Pancasila

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Hai Sobat Damai, Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni ya ! Kalian udah pada tahu belum kenapa tanggal 1 juni diperingati sebagai hari Lahir Pancasila? Ayo kita simak penjelasan di bawah ini!

Menurut sejarah dari referensi terkait, hari Lahir Pancasila ini ditandai dengan adanya pidato dari Presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang pertama kali mengemukakan terkait konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia pada Sidang Dokuritsu Junbi Cosakai atau kita kenal sebagai Sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) pada tanggal 1 Juni 1945.

Baca selengkapnya disini : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lampung/baca-artikel/15075/Hari-Lahir-Pancasila-Sejarah-dan-Maknanya.html

Nah fakta uniknya bahwa konsep awal gagasan 5 sila yang dikemukakan oleh Ir Soekarno urutan silanya tidak sama seperti Pancasila yang kita ketahui loh sobat damai.

Pada pidatonya, Soekarno menyebutkan lima dasar negara yaitu, sila pertama “Kebangsaan”, Sila Kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan” sila ketiga “Demokrasi”, Sila keempat “Keadilan sosial”. Dan sila kelima “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Untuk menyempurnakan rumusan Pancasila tersebut maka dibentuklah sebuah panitia yang dinamakan Panitia Sembilan.

Setelah prosesnya yang cukup Panjang dan beberapa kali melakukan sidang, akhirnya rumusan Pancasila resmi disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 yakni rumusan setiap silanya kita gunakan sampai saat ini.

Hari Lahir Pancasila bukan hanya sekedar momentum sakral pada tanggal 1 Juni 1945 saja, tapi sudah menjadi kewajiban kita sebagai masyarakat Indonesia untuk menghormati dan menghargai para pahlawan Indonesia yang berjuang untuk menciptakan dasar negara bagi bangsa Indonesia sebagai landasan atau pedoman dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Nah, yang menjadi pertanyaan nya sekarang apakah kita sebagai agent of change bangsa Indonesia sudah memaknai Pancasila itu sendiri sebagai dasar negara?

Pemaknaan Hari lahir Pancasila bukan hanya sekedar kita memeperingati dengan melakukan Upacara bendera di sekolah, di kantor, di kelurahan, dan dimana pun itu, akan tetapi pemaknaan hari lahir Pancasila lebih dari itu yakni bagaimana kontribusi kita dalam memaknai nilai-nilai dari setiap sila dalam Pancasila tersebut.

Apakah kita sebagai generasi milenial sudah melakukan apa yang diamanatkan dalam setiap nilai Pancasila tersebut?

Jika sudah hal ini tentunya sangat baik dan patut menjadi spirit. Tapi jika belum kita pun belum terlambat untuk melakukannya. Ayo kita coba dari hal-hal yang terkecil terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa contoh yang dapat kita lakukan sebagai generasi milenial dalam memaknai hari lahir Pancasila di setiap sila yang ada :

Sila Pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa

Contoh: Beribadah Sesuai dengan Agamanya masing-masing, menghormati dan menghargai teman yang berbeda agama dengan kita, tidak memprovokasi antar agama, bersikap toleransi.

Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Contoh: Membantu sesama yang sedang kesusahan, mengakui persamaan hak dan derajat setiap orang, tidak bersikap main hakim sendiri, melakukan kegiatan-kegiatan sosial seperti bakti sosial, menjunjung tinggi hak asasi manusia.

Sila Ketiga: Persatuan Indonesia

Contoh: Menghargai perbedaan suku, budaya, etnis dari daerah lain, tidak membeda-bedakan teman, mengutamakan kepentingan bangsa / kelompok, mengembangkan rasa cinta tanah air.

Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Contoh: mengutamakan musyawarah mufakat, tidak memaksakan kehendak orang lain, menghargai pendapat orang lain, ikut serta dalam kegiatan Pemilu.

Sila Kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh rakyat Indonesia

Contoh: Menghormati hak-hak orang lain, menjunjung tinggi gotong royong, mendukung kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial, dan tidak bersifat hedonisme.

Itulah beberapa contoh konkret yang dapat kita lakukan sebagai generasi penerus bangsa dalam memaknai hari lahir Pancasila, semoga bermanfaat dan selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila Sobat Damai.

Penulis: Anggreini Vinolia Ering

Editor: Fitry Hadju

Sumber : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lampung/baca-artikel/15075/Hari-Lahir-Pancasila-Sejarah-dan-Maknanya.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *