free page hit counter

11 Juli, Hari Populasi Sedunia

MANADO (DUTA DAMAI SULUT) – Sobat Damai, jika kita membahas mengenai populasi, pikiran kita akan langsung tertuju kepada program KB atau keluarga berencana yang selalu disosialisasikan pemerintah dalam rangka mengatur perkembangan populasi masyarakat.

Dalam hal ini, pembahasan mengenai populasi bukan hanya membahas seputar keluarga berencana saja, namun ada beragam hal penting lainnya juga Sob, seperti isu tentang kesetaraan gender, demografi, kesehatan reproduksi serta pertumbuhan populasi.

Nah isu-isu terkait populasi ini sangat penting, hingga PBB menetapkan tanggal 11 Juli sebagai Peringatan Hari Populasi Sedunia dengan tujuan untuk menumbukan serta meningkatkan kesadaran masyarakat luas tentang isu-isu penting tersebut.

Peringatan Hari Populasi Sedunia, bukan hanya sekedar hari peringatan tanpa makna loh sob!

Sebaliknya, dengan adanya Peringatan Hari Populasi Sedunia yang diisi dengan sejumlah kegiatan yang mempromosikan tentang sejumlah isu-isu penting tentang populasi.

PBB berharap agar masyarakat luas sadar bahwa dari dulu hingga sekarang dan bahkan untuk masa depan nanti, kita akan selalu dihadapkan dengan tantangan-tantangan yang berkaitan dengan populasi dunia. Tantangan-tantangan tersebut antara lain :

Tantangan-Tantangan Yang Harus Kita Hadapi Yang Berkaitan Dengan Populasi

  1. Pertumbuhan Penduduk

Ketika pertumbuhan populasi berlangsung cepat tanpa adanya kontrol yang jelas, hal ini dapat menyebabkan terjadinya tekanan yang cukup besar terhadap SDA, Infrastruktur dan layanan dasar.

  1. Keberlanjutan Lingkungan, masih berkaitan dengan point satu, ketika pertumbuhan populasi tidak terkendali, hal ini memberi pengaruh negative terhadap kelangsungan lingkungan hidup.
  2. Ketimpangan Populasi

Persoalan populasi yang kita anggap sebagai hal kecil, jika tak diperhatikan dan di kontrol maka akan menyebabkan terjadinya kesenjangan dalam akses terhadap Sumber daya yang berujung pada kemiskinan, ketidakstabilan sosial dan migrasi yang cenderung tidak teratur.

Itulah sebagian dari beberapa tantangan yang akan kita temui dan efek negatifnya jika isu-isu tentang populasi dunia menjadi tidak terkendali.

Maka dari itu, lewat Peringatan Hari Populasi Sedunia, Mari jadi penghuni Bumi sekaligus masyarakat yang sadar tentang pentingnya memahami isu-isu tentang populasi serta menjadi agen kesadaran dalam hal mengontrol populasi kita dibumi tercinta ini.

Mari jaga populasi kita agar tetap terkendali dan hidup berkelangsungan dengan tentram.
Salam Sadar, Salam Damai!
Jaga, Rawat dan kontrol populasi!

Penulis: Nurul Jannah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *